Internet... apaan tuh??

hmm... kita sehari-hari tidak lepas dari yang namanya internet... tapi tau ga internet itu apa??

Internet, kadang-kadang disebut hanya "Net," adalah suatu sistem di seluruh dunia komputer jaringan - jaringan jaringan di mana pengguna pada satu komputer dapat, jika mereka memiliki izin, mendapatkan informasi dari komputer lain (dan kadang-kadang berbicara langsung kepada pengguna di komputer lain). Ini dilahirkan oleh Advanced Research Projects Agency (ARPA) dari pemerintah AS pada tahun 1969 dan pertama kali dikenal sebagai ARPANET. Asli Tujuannya adalah untuk menciptakan jaringan yang akan memungkinkan pengguna komputer riset di satu universitas untuk dapat "berbicara dengan" riset komputer di universitas lain. Sebuah keuntungan dari sisi desain ARPANet adalah bahwa, karena pesan-pesan dapat diarahkan atau dialihkan di lebih dari satu arah, jaringan dapat tetap berfungsi bahkan jika bagian itu hancur dalam peristiwa serangan militer atau bencana lainnya.


Hari ini, Internet adalah sebuah masyarakat, koperasi, dan fasilitas mandiri yang dapat diakses oleh ratusan juta orang di seluruh dunia. Secara fisik, internet menggunakan sebagian dari total sumber daya yang ada saat ini jaringan telekomunikasi publik. Secara teknis, apa yang membedakan internet adalah menggunakan seperangkat protokol yang disebut TCP / IP (untuk Transmission Control Protocol / Internet Protocol). Dua baru-baru ini adaptasi teknologi Internet, intranet dan ekstranet, juga menggunakan TCP / IP protokol.

Bagi banyak pengguna internet, surat elektronik (e-mail) telah praktis menggantikan Layanan Pos ditulis pendek transaksi. Surat elektronik adalah aplikasi paling luas digunakan di Net. Anda juga dapat meneruskan hidup "percakapan" dengan pengguna komputer lainnya, menggunakan Internet Relay Chat (IRC). Baru-baru ini, Internet telephony hardware dan software yang memungkinkan suara real-time percakapan.

Yang paling banyak digunakan bagian dari Internet adalah World Wide Web (sering disingkat "WWW" atau disebut "Web"). Fitur yang menonjol adalah hypertext, metode instan referensi silang. Dalam sebagian besar situs Web, kata-kata atau frasa tertentu muncul dalam teks warna yang berbeda dari yang lain; sering teks ini juga digarisbawahi. Bila Anda memilih salah satu dari kata atau frasa, Anda akan ditransfer ke situs atau halaman yang relevan dengan kata atau frase ini. Kadang-kadang ada tombol, gambar, atau bagian dari gambar yang "diklik." Jika Anda memindahkan penunjuk ke suatu tempat di situs Web dan penunjuk akan berubah menjadi telapak tangan, ini menunjukkan bahwa Anda dapat mengklik dan akan dipindahkan ke situs lain.

Menggunakan Web, Anda memiliki akses ke jutaan halaman informasi. Web browsing dilakukan dengan browser Web, yang paling populer di antaranya adalah Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator. Kemunculan situs Web tertentu dapat sedikit berbeda tergantung pada browser yang Anda gunakan. Juga, versi browser tertentu bisa membuat lebih "bel dan peluit" seperti animasi, virtual reality, suara, dan file musik, daripada versi sebelumnya.

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda