Jenis Topologi Jaringan

Topologi tetap merupakan bagian penting dari teori desain jaringan. Anda mungkin dapat membangun sebuah rumah atau usaha kecil jaringan komputer tanpa memahami perbedaan antara desain bus dan desain bintang, tapi menjadi akrab dengan topologi standar memberi Anda pemahaman yang lebih baik yang penting konsep-konsep jaringan seperti hub, siaran, dan rute.


Topologi jaringan dikategorikan ke dalam tipe dasar sebagai berikut:

* Bus
* Ring
* Star
* Tree
* Mesh

Jaringan yang lebih kompleks dapat dibangun sebagai hibrida dari dua atau lebih dari topologi dasar di atas.





Topologi bus
Jaringan bus (jangan dikelirukan dengan sistem komputer bus) menggunakan tulang punggung umum untuk menghubungkan semua perangkat. Sebuah kabel tunggal, tulang punggung berfungsi sebagai media komunikasi bersama bahwa perangkat melampirkan atau memanfaatkan dengan konektor antarmuka. Perangkat ingin berkomunikasi dengan perangkat lain di jaringan agar mengirim pesan broadcast ke kawat bahwa semua perangkat lain yang melihat, tetapi hanya penerima pesan yang dituju benar-benar menerima dan memproses pesan.
Topologi bus ethernet relatif mudah untuk menginstal dan tidak memerlukan banyak pengkabelan dibandingkan dengan alternatif. 10Base-2 ( "thinnet") dan 10Base-5 ( "thicknet") keduanya adalah pilihan kabel Ethernet populer bertahun-tahun yang lalu untuk topologi bus. Namun, jaringan bus bekerja paling baik dengan sejumlah perangkat. Jika lebih dari beberapa lusin komputer yang ditambahkan ke jaringan bus, masalah kinerja mungkin akan hasil. Selain itu, jika kabel tulang punggung gagal, seluruh jaringan secara efektif menjadi tidak dapat digunakan.



Topologi Ring
Dalam sebuah jaringan cincin, setiap perangkat memiliki tepat dua tetangga untuk tujuan komunikasi. Semua pesan perjalanan melalui cincin dalam arah yang sama (baik "searah jarum jam" atau "berlawanan"). Sebuah kegagalan dalam perangkat kabel atau istirahat loop dan dapat mengambil ke seluruh jaringan.
Untuk menerapkan jaringan cincin, satu biasanya menggunakan FDDI, SONET, atau Token Ring teknologi. Topologi cincin ditemukan di beberapa gedung perkantoran atau kampus sekolah.

Topologi Star
Banyak rumah jaringan menggunakan topologi star. Sebuah bintang fitur jaringan titik koneksi pusat disebut sebagai "hub" yang mungkin sebuah hub, switch atau router. Perangkat biasanya tersambung ke hub dengan unshielded Twisted Pair (UTP) Ethernet.
Dibandingkan dengan topologi bus, jaringan star biasanya membutuhkan lebih banyak kabel, tetapi kegagalan dalam kabel jaringan bintang hanya akan mencatat satu akses jaringan komputer dan bukan seluruh LAN. (Jika gagal hub Namun, seluruh jaringan juga gagal.)





Topologi Tree
Topologi tree mengintegrasikan beberapa topologi star bersama-sama ke sebuah bus. Dalam bentuknya yang paling sederhana, hanya perangkat hub terhubung langsung ke pohon bus, dan setiap hub berfungsi sebagai "root" dari perangkat pohon. Bus ini / bintang pendekatan hibrida masa depan mendukung upgrade dari jaringan jauh lebih baik daripada bus (terbatas dalam jumlah perangkat siaran karena lalu lintas yang dihasilkannya) atau bintang (terbatas dengan jumlah sambungan hub poin) sendirian.



Topologi Mesh
Topologi mesh melibatkan konsep rute. Tidak seperti masing-masing topologi sebelumnya, pesan yang dikirim pada jaringan mesh dapat mengambil salah satu dari beberapa kemungkinan path dari source ke destination. (Ingat bahwa bahkan dalam sebuah cincin, meskipun ada dua jalur kabel, pesan hanya dapat bepergian dalam satu arah.) Beberapa WAN, terutama Internet, mempekerjakan mesh routing.
Sebuah jaringan mesh di mana setiap perangkat akan menyambung ke setiap lain disebut mesh penuh. Seperti ditunjukkan dalam ilustrasi di bawah ini, jaringan mesh parsial juga ada di mana beberapa perangkat terhubung hanya secara tidak langsung kepada orang lain.


0 komentar:

Posting Lebih Baru Beranda